sumber :workshop kurikulum 2013 pada tanggal 23/12/2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP
Kelas : VII /VIII/IV
Semester : Ganjil /Genap
Mata Pelajaran : Seni Budaya ( Rupa, Musik, Tari, Teater)
Alokasi Waktu : 2x 40 menit x (4 pertemuan)
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
KOMPETENSI DASAR
1.1.
Menerima, menanggapi dan menghargai
keragaman dan keunikan karya seni
rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap menghargai, jujur, disiplin, melalui
aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, peduli,
dan santun terhadap karya seni rupa dan
pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap percaya diri , motivasi internal , kepedulian
terhadap lingkungan dalam berkarya seni
3.1.
/ 3.2. / 3.3. / 3.4.
4.1.
/ 4.2. / 4.3. / 4.4.
C.
INDIKATOR PEMBELAJARAN
1.
Mengeksplorasi (observasi, bertanya) tentang……
2.
Merencanakan (asosiasi) tentang…..
3.
Membuat (eksperimenting
atau mencoba)tentang ……..
4.
Mempublikasi (networkingatau membuat
jejaring) tentang ………….
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari pokok bahasan ini perserta didik
diharapkan mampu :
1. Secara
aktif melakukan eksplorasi (observasi, bertanya) tentang……
2. Secara
berkelompok membuat rencana (asosiasi) tentang…..
3. Membuat
karya berdasarkan rencana (eksperimenting atau mencoba)tentang ……..
4. Melakukan
publikasi hasil karya (networking/membuat jejaring) tentang ………….
E. SKENARIO (LANGKAH-LANGKAH)
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Kegiatan
Awal
|
Kegiatan awal pembelajara guru dapat melakukan
aktivitas berikut:
1. Guru membuka pembelajaran seni budaya.
2.
Guru menjelaskan
tujuan pembelajaran tentang ………….
3.
Guru melakukan apersepsi dan
memotivasi para siswa mempelajari tentang…...
|
10 MENIT
|
Kegiatan inti
|
Pertemuan
1
1. Pembagian kelompok siswa…...
2. Pembagian tugas masing-masing anggota kelompok…
3. Menentukan cara kerja setiap tim/kelompok siswa…
4. Menentukan waktu penyelesaian tugas eksplorasi tentang…..
5. Guru mendampingi dan memposisikan sebagai mentor untuk setiap kelompok
dalam mengekslorasi sumber belajar tentang…..
|
60 menit
|
Pertemuan 2
1. Guru memberi penguatan untuk memanfaatkan hasil eksplorasi untuk merancang
karya…..
2. Masing-asing kelompok siswa mendiskusikan hasil eksplorasi untuk bahan
rancangan karya…...
3. Memilih dan menentukan satu karya yang akan dirancang….
4. Membuat sketsa/disian/rancangan karya hasil keseakatan kelompok
ditentukan…
5. Guru mendampingi dan memposisikan diri sebagai mentor untuk setiap kelompoksiswa dalam proses
belajar merancang karyanya sendiri.
|
60 menit
|
|
Pertemuan
3
1. Guru memberi penguatan pembeljaran agar rancangan karya yang dibuat
minggu terdahulu untuk wujud karya…..
2. Masing-masing kelompok siswa menyiapkan bahan dan alat berkarya oleh
setiap kelompok…...
3. Masing-masing individu berperan di kelompok masing masing dalam
membuat karya….
4. Bersama-sama menyelesaikan karya atau melaksanakan finishing…
5. Guru mendampingi dan memposisikan diri sebagai mentor di setiap kelompok dalam membuat
karya.
|
60 menit
|
|
Pertemuan
4
1. Guru memberi penguatan agar hasil karya yang sudah dihasikan segera dipublikasikan…..
2. Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang media, cara dan tempat untuk
mempublikasi karya yang telah dibuatnya…...
3. Masing-masing individu mencari informasi tentang jejaring (mengundang)
termasuk mengundang siswa kelas lain atau
sekolah lain untuk hadir dalam publikasi karya mereka….
4. Masing-masing berbagi tugas untuk kesuksesan dalam mempublikasikan
karya yang telah dibuat.
5. Guru mendampingi para siswa yangkesulitan dan menjadi mentor yang baik
di setiap kelompok dalam publikasi karya.
|
60 menit
|
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Melaksanakan evaluasi beajar ( dengan kinerrja, portofolio, projek dan test tertulis)
2. Melaksanakantindak lanjut.
|
10 menit
|
F.
MATERI PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran berkenaan dengan penjelasan tentang:
1.
Cara-cara mengeksplorasi (Observasi, bertanya) tentang……
2. Cara-cara merencanakan (asosiasi) tentang…..
3. Cara-cara membuat (eksperimenting atau mencoba)tentang ……..
4. Cara-cara mempublikasikan (networking/membuat jejaring) tentang ………….
- PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Pendekatan Scientific
2.
Model Pembelajaran
: Model pembelajaranbased projek, based problem dan based inovasi.
- EVALUASI PEMBELAJARAN
1. Penililaian kinerja siswa (aktivitas)
2. Penilaian hasil projek (hasil karya)
4. Penilaian tes
tertulis (laporan)
I.
ALAT DAN
SUMBER BELAJAR
1. Alat dan
bahan : …
2. Sumber
belajar : 1. Buku siswa Seni budaya kur, 2013; 2 Internet; 3; media masa; pameran dan
pagelaran; lingkungan setempat, dll
Lampiran-1
MATERI PEMBELAJARAN
A. Cara-cara mengeksplorasi (Observasi, bertanya) tentang……
B. Cara-cara merencanakan (asosiasi) tentang…..
C. Cara-cara membuat (eksperimenting atau mencoba) tentang ……..
D. Cara-cara mempublikasikan (networking/ jejaring) tentang ………….
Lampiran-2a
LEMBAR PENILAIAN
Nama :
Amir
Sarifudin
NIS : 1314007
Kelas : VII
X
Pokok Bahasan :……………………
Petunjuk
Penilaian Keterampilan:
Berilah tanda
(V) pada kolom yang sesuai
No.
|
Indikator Penilaian
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
||
86-100
|
76- 85
|
66 -75
|
56-65
|
||
1
|
Membuat desain ragam hias
|
||||
2
|
Mengaplikasikan desain dalam
karya ragam hias setangah jadi
|
||||
3
|
Memfinishing karya ragam
hias
|
||||
4
|
Keindahan karya
|
||||
5
|
Kreativitas karya
|
||||
Total Nilai /10
|
Lampiran-2b
LEMBAR RUBRIK
Nama : Amir Sarifudin
NIS : 1314007
Kelas : VII
x
Petunjuk :
Berilah tanda (V) pada kolom yang sesuai!
No.
|
Indikator Pengamatan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Jujur dalam berkarya
|
||
2
|
Bertanggung jawab penyelesaian
projek
|
||
3
|
Peduli dalam memecahkan
masalah
|
||
4
|
Percaya diri dalam
mempublikasikan hasil karya
|
Lampiran-2c
LEMBAR
PENGAMATAN SIKAP
No
|
Nama
|
Prilaku Yang Diamati alam Pembelajaran
|
||||
Menghargai
orang lain
|
Disiplin
|
Aktivitas
|
Komunikasi
|
Tanggung
jawab
|
||
1.
|
Juned
|
|||||
2.
|
Cuplis
|
|||||
3.
|
Markonah
|
|||||
4
|
Markuah
|
|||||
5.
|
Amir
Saripudin
|
|||||
Dll.
|
Keterangan : Skala tentang nilai 1 s/d 5
1
sangat kurang , 2 kurang , 3 cukup , 4 baik , 5 amat baik